Sunday, May 4, 2014

Sejarah Teknologi Pendidikan

Tidak ada bukti tertulis yang dapat memberitahu kami persis yang telah menciptakan istilah teknologi pendidikan . Pendidik yang berbeda , para ilmuwan dan filsuf pada interval waktu yang berbeda telah menempatkan diteruskan definisi yang berbeda dari Teknologi Pendidikan . Teknologi pendidikan adalah proses multifaset dan terpadu yang melibatkan orang , prosedur , ide , peralatan , dan organisasi , di mana teknologi dari berbagai bidang ilmu dipinjam sesuai kebutuhan dan persyaratan pendidikan untuk melaksanakan , mengevaluasi , dan mengelola solusi untuk masalah-masalah yang terlibat dalam semua aspek belajar manusia .

Teknologi pendidikan , secara umum , telah melewati lima tahap .

Tahap pertama dari teknologi pendidikan digabungkan dengan penggunaan alat bantu seperti grafik , peta , simbol , model , spesimen dan bahan beton . Istilah teknologi pendidikan digunakan sebagai sinonim untuk alat bantu audio - visual.

Tahap kedua teknologi pendidikan dikaitkan dengan ' revolusi elektronik' dengan pengenalan dan pembentukan hardware canggih dan software . Penggunaan berbagai alat bantu audio -visual seperti proyektor , lentera sihir , tape-recorder , radio dan televisi membawa perubahan revolusioner dalam skenario pendidikan . Dengan demikian , konsep teknologi pendidikan diambil dalam hal ini instrumen canggih dan peralatan untuk presentasi yang efektif bahan ajar .

Tahap ketiga dari teknologi pendidikan terkait dengan perkembangan media massa yang pada gilirannya menyebabkan ' revolusi komunikasi ' untuk tujuan instruksional . Instruksi dibantu komputer ( CAI ) digunakan untuk pendidikan sejak tahun 1950-an juga menjadi populer selama era ini .

Tahap keempat teknologi pendidikan adalah dilihat oleh proses individual instruksi . Penemuan pembelajaran diprogram dan instruksi diprogram memberikan dimensi baru untuk teknologi pendidikan . Sebuah sistem belajar mandiri berdasarkan materi self- instruksional dan mesin mengajar muncul .

Konsep terbaru dari teknologi pendidikan dipengaruhi oleh konsep rekayasa sistem atau sistem pendekatan yang berfokus pada laboratorium bahasa , mesin pengajaran , instruksi diprogram , teknologi multimedia dan penggunaan komputer dalam instruksi . Menurut itu , teknologi pendidikan adalah cara yang sistematis merancang , melaksanakan dan mengevaluasi proses total belajar mengajar dalam hal tujuan spesifik berdasarkan penelitian .

Teknologi pendidikan selama Zaman Batu , Zaman Perunggu , dan Zaman Besi
Teknologi pendidikan , meskipun ketidakpastian tentang asal-usul istilah , dapat ditelusuri kembali ke masa periodisasi sistem tiga - usia prasejarah manusia ; yaitu Zaman Batu , Zaman Perunggu , dan Zaman Besi .

Duringthe Zaman Batu , pengapian api dengan menggosok batu , pembuatan berbagai senjata buatan tangan dan peralatan dari batu dan praktek pakaian adalah beberapa perkembangan teknologi sederhana sangat penting . Sebuah fraksi orang Zaman Batu mengembangkan teknologi kapal perahu cadik laut layak untuk bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain melintasi Samudra , di mana mereka mengembangkan pendidikan informal pertama mereka pengetahuan tentang arus laut , kondisi cuaca , praktik berlayar , astronavigation , dan bintang peta . Selama kemudian Zaman Batu periode ( periode Neolitik ) , untuk praktek pertanian , alat-alat batu dipoles dibuat dari berbagai batu keras terutama dengan menggali terowongan bawah tanah , yang dapat dianggap sebagai langkah pertama dalam teknologi pertambangan . Sumbu dipoles begitu efektif bahkan setelah penampilan perunggu dan besi ; orang menggunakannya untuk membersihkan hutan dan pembentukan pertanian tanaman pangan .

Meskipun budaya Zaman Batu tidak meninggalkan catatan tertulis , tapi bukti-bukti arkeologi membuktikan pergeseran mereka dari kehidupan nomaden ke pemukiman pertanian . Alat-alat kuno dilestarikan di museum yang berbeda , lukisan gua seperti Gua Altamira di Spanyol , dan seni prasejarah lainnya , seperti Venus dari Willendorf , Ibu Dewi dari Laussel , Perancis dll adalah beberapa bukti yang mendukung budaya mereka .

Neolithic Revolution of Stone Age mengakibatkan ke penampilan Zaman Perunggu dengan pembangunan pertanian , domestikasi hewan , dan adopsi pemukiman permanen . Untuk praktik orang-orang Zaman Perunggu dikembangkan lebih lanjut peleburan logam , dengan tembaga dan kemudian perunggu , paduan timah dan tembaga , menjadi bahan pilihan mereka .

Orang-orang Zaman Besi menggantikan perunggu dan mengembangkan pengetahuan tentang teknologi peleburan besi untuk menurunkan biaya hidup karena peralatan besi yang lebih kuat dan lebih murah daripada setara perunggu . Dalam banyak budaya Eurasia , Zaman Besi adalah periode terakhir sebelum pengembangan skrip ditulis .

Teknologi pendidikan selama periode peradaban Kuno
Menurut Paul Saettler 2004 , teknologi pendidikan dapat ditelusuri kembali ke waktu ketika imam suku sistematis tubuh pengetahuan dan budaya kuno ditemukan pictographs atau menandatangani menulis untuk merekam dan mengirimkan informasi . Dalam setiap tahap peradaban manusia , orang dapat menemukan teknik instruksional atau set prosedur yang dimaksudkan untuk melaksanakan suatu budaya tertentu yang juga didukung oleh sejumlah investigasi dan bukti-bukti . Semakin maju budaya , semakin kompleks menjadi teknologi pengajaran dirancang untuk mencerminkan cara-cara tertentu perilaku individu dan sosial dimaksudkan untuk menjalankan masyarakat berpendidikan . Selama berabad-abad , setiap perubahan yang signifikan dalam nilai-nilai pendidikan , sasaran atau tujuan menyebabkan beragam teknologi instruksi .

Kemajuan terbesar dalam teknologi dan rekayasa datang dengan munculnya peradaban kuno . Kemajuan ini dirangsang dan berpendidikan masyarakat lain di dunia untuk mengadopsi cara-cara baru hidup dan pemerintahan .

Lembah Indus Peradaban adalah awal peradaban Zaman Perunggu yang terletak di wilayah barat laut anak benua India . Peradaban ini terutama berkembang di sekitar Sungai Indus lembah Indus dan wilayah Punjab , memperluas upto Ghaggar - Hakra lembah Sungai dan Gangga - Yamuna Doab , ( sebagian besar bagian bawah Pakistan hari ini dan negara-negara barat modern India serta beberapa bagian dari peradaban memperluas upto tenggara Afghanistan , dan bagian paling timur dari Balochistan , Iran ) .

Ada kontroversi jangka panjang untuk memastikan tentang bahasa bahwa orang-orang Harappa berbicara . Hal ini diasumsikan bahwa tulisan mereka setidaknya tampaknya atau script pictographic . Script tampaknya telah memiliki sekitar 400 tanda-tanda dasar , dengan banyak variasi . Orang-orang menulis naskah mereka dengan arah umum dari kanan ke kiri . Sebagian besar tulisan itu ditemukan pada anjing laut dan pemeteraian yang mungkin digunakan dalam perdagangan dan kerja resmi & administrasi .

Orang Harappa memiliki pengetahuan tentang alat ukur panjang , massa , dan waktu . Mereka adalah yang pertama di dunia untuk mengembangkan sistem seragam berat dan ukuran .

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh P. N. Rao et al . pada tahun 2009 , diterbitkan di Science , ilmuwan komputer menemukan bahwa pola Indus script lebih dekat dengan kata-kata yang diucapkan , yang mendukung hipotesis yang diajukan bahwa kode untuk bahasa yang belum diketahui .

Menurut Peradaban Cina , beberapa techno - korban utama dari China meliputi kertas , detektor awal seismologi , kertas toilet , korek api , bajak besi , benih bor multi- tabung , jembatan gantung , gerobak , parasut , gas alam sebagai bahan bakar , kompas magnetik , peta mengangkat - bantuan , tanur , baling-baling , panah , Selatan Menunjuk Chariot , dan mesiu . Dengan menciptakan kertas mereka telah memberikan langkah pertama mereka terhadap perkembangan teknologi pendidikan dengan lebih mengkultur produk kerajinan kertas yang berbeda sebagai alat bantu visual .

Bahasa Mesir kuno adalah pada satu titik salah satu yang masih hidup terpanjang dan digunakan bahasa di dunia. Naskah mereka terdiri dari gambar dari hal-hal nyata seperti burung, binatang , alat yang berbeda , dll Foto-foto ini populer disebut tulisan rahasia . Bahasa mereka terdiri dari atas 500 hieroglif yang dikenal sebagai hieroglif . Pada monumen batu atau kuburan yang ditemukan dan diselamatkan terakhir pada memberikan bukti adanya berbagai bentuk hieroglif artistik di Mesir kuno .

Teknologi pendidikan selama Periode Medieval and Modern
Kertas dan proses pembuatan kertas bubur kertas yang dikembangkan di Cina selama awal abad ke-2 Masehi , dibawa ke Timur Tengah dan menyebar ke Mediterania dengan penaklukan Muslim . Bukti-bukti mendukung bahwa pabrik kertas juga didirikan di Sisilia pada abad ke-12 . Penemuan roda berputar meningkatkan produktivitas proses pembuatan benang untuk sebagian besar dan ketika Lynn Putih menambahkan roda berputar dengan meningkatnya pasokan kain , hal ini menyebabkan produksi kertas murah, yang merupakan faktor utama dalam pengembangan teknologi cetak .

Penemuan mesin cetak terjadi pada sekitar 1450 Masehi , oleh Johannes Gutenburg , seorang penemu Jerman . Penemuan mesin cetak merupakan faktor utama perkembangan dalam sejarah teknologi pendidikan untuk menyampaikan instruksi sesuai kebutuhan masyarakat berbudaya kompleks dan canggih teknologi .

Pada tahap pra - industri, sedangkan industri itu hanya pekerjaan tangan di tingkat pengrajin , proses pembelajaran yang sangat bergantung pada hal-hal sederhana seperti batu tulis , buku tanduk , papan tulis , dan kapur . Itu terbatas pada buku teks tunggal dengan beberapa ilustrasi . Teknologi pendidikan dianggap sinonim untuk bantu sederhana seperti grafik dan gambar .

Tahun 1873 dapat dianggap tengara dalam sejarah awal teknologi pendidikan atau pendidikan audio visual . Sebuah pameran diadakan di Wina pada tingkat internasional di mana sebuah sekolah Amerika memenangkan kekaguman dari para pendidik untuk pameran peta, grafik , buku pelajaran dan peralatan lainnya .

Maria Montessori (1870-1952) , pendidik anak internasional terkenal dan pencetus Metode Montessori diberikan dampak dinamis pada teknologi pendidikan melalui pengembangan nya bahan bergradasi dirancang untuk menyediakan sequencing tepat persoalan pada setiap peserta secara individual . Teknologi pendidikan modern menunjukkan banyak perpanjangan ide Montessori anak berpusat lingkungan siap .

In1833 , desain Charles Babbage dari perangkat komputasi tujuan umum meletakkan dasar dari komputer modern dan pada tahun 1943 , mesin komputasi pertama sebagai per hi desain dibangun oleh International Business Machines Corporation di Amerika Serikat . The Computer Assisted instruksi ( CAI ) di mana fungsi komputer pada dasarnya sebagai tutor serta Berbicara Type penulis dikembangkan oleh OK Moore pada tahun 1966. Sejak 1974, komputer yang menarik digunakan dalam pendidikan di sekolah-sekolah , perguruan tinggi dan universitas .

Pada awal abad ke-19 , ada perubahan penting di bidang pendidikan . British Broadcasting Corporation ( BBC ) , sejak awal nya siaran sekolah pada tahun 1920 telah mempertahankan langkah cepat dalam membuat kontribusi suara ke pendidikan formal . Di Amerika Serikat , pada tahun 1952 , 20 negara memiliki ketentuan untuk siaran pendidikan . Paralel dengan saat ini sekitar 98 % sekolah di Inggris yang dilengkapi dengan radio dan ada program sehari-hari biasa .

Sidney L. Pressey , seorang psikolog dari universitas negeri Ohio mengembangkan mesin belajar sendiri disebut ' Drum Tutor ' pada tahun 1920 . Professor Skinner , namun, dalam artikelnya yang terkenal ' Ilmu Pembelajaran dan Pengajaran seni ' yang diterbitkan pada tahun 1945 memohon untuk aplikasi dari pengetahuan yang berasal dari psikologi perilaku dengan prosedur kelas dan menyarankan perangkat mengajar otomatis sebagai sarana untuk melakukannya .

Meskipun penggunaan praktis pertama dari siaran televisi biasa di Jerman pada tahun 1929 dan pada tahun 1936 Olimpiade di Berlin disiarkan melalui stasiun televisi di Berlin , televisi Buka sirkuit mulai digunakan terutama untuk program-program siaran untuk hiburan pada tahun 1950 . Sejak tahun 1960 , televisi digunakan untuk tujuan pendidikan .

Pada tahun 1950 , Brynmor , di Inggris , menggunakan langkah-langkah teknologi pendidikan untuk pertama kalinya . Hal ini untuk diperhatikan bahwa pada tahun 1960 , sebagai akibat dari revolusi industri di Amerika dan Rusia , negara-negara lain juga mulai mengalami kemajuan dalam mengajukan teknologi pendidikan . Dengan cara ini , awal teknologi pendidikan terjadi pada tahun 1960 dari Amerika dan Rusia dan sekarang telah mencapai Inggris , Eropa dan India .

Selama masa sekitar tahun 1950-an , teknokrasi baru mengubahnya tarik untuk pendidikan ketika ada kekurangan curam guru di Amerika dan oleh karena itu kebutuhan mendesak teknologi pendidikan dirasakan . Dr Alvin C. Eurich dan sedikit kemudian rekannya , Dr Alexander J. Stoddard memperkenalkan teknologi produksi massal di Amerika .

Team teaching memiliki asal-usulnya di Amerika pada pertengahan 1950-an dan pertama kali dimulai pada tahun 1955 di Harvard University sebagai bagian dari rencana magang .

Pada tahun 1956, Benjamin Bloom dari Amerika Serikat memperkenalkan taksonomi tujuan pendidikan melalui publikasi , " The Taksonomi Tujuan Pendidikan , The Klasifikasi Tujuan Pendidikan, Handbook I: Domain Kognitif " .

Pada tahun 1961 , teknik mengajar Micro pertama kali diadopsi oleh Dwight W. Allen dan rekan kerja di Stanford University di Amerika Serikat .

Electronics adalah teknologi utama yang dikembangkan pada awal abad ke-21 . Broadband akses Internet menjadi populer dan menduduki hampir semua kantor dan tempat-tempat penting pendidikan dan bahkan di tempat-tempat umum di negara-negara maju dengan keuntungan dari menghubungkan komputer rumah dengan perpustakaan musik dan ponsel .

Kelas hari ini adalah lebih cenderung menjadi sebuah laboratorium teknologi , sebuah ruangan dengan deretan siswa menggunakan internet tersambung atau Wi - Fi diaktifkan laptop , palmtop , notepad , atau mungkin siswa menghadiri konferensi video atau kelas virtual atau mungkin telah mendengarkan podcast atau mengambil dalam kuliah video. Perubahan teknologi yang cepat di bidang pendidikan telah menciptakan cara-cara baru untuk mengajar dan belajar . Perubahan teknologi juga memotivasi para guru untuk mengakses berbagai informasi dalam skala global melalui Internet , untuk meningkatkan pelajaran mereka serta membuat mereka profesional yang kompeten di daerah mereka yang memprihatinkan. Pada saat yang sama , siswa dapat memanfaatkan sumber daya yang luas dari Internet untuk memperkaya pengalaman belajar mereka untuk mengatasi dengan perubahan tren masyarakat . Sekarang siswa hari serta guru menghadiri seminar, konferensi , lokakarya di tingkat nasional dan internasional dengan menggunakan multimedia techno - sumber daya seperti PowerPoint dan bahkan mereka mengejar berbagai kursus penting dari pilihan mereka secara jarak jauh melalui cara pembelajaran online . Fasilitas pembelajaran online telah membuka jumlah tak terbatas pintu peluang bagi pelajar saat ini untuk membuat hidup mereka lebih bahagia dari sebelumnya .

No comments:

Post a Comment