Tuesday, April 29, 2014

Paten: Sebuah Alat untuk Teknologi Intelijen



Paten adalah sumber terbesar dari informasi teknologi . Paten diberikan kepada penemu sebagai hadiah untuk inovasi dalam bentuk hak eksklusif monopoli untuk jangka waktu 20 tahun terhitung sejak tanggal prioritas penemuan ini . Karena kemajuan di sektor TI dan internet , sekarang dokumen-dokumen berharga dalam jangkauan masyarakat umum . Setiap orang terampil dalam seni dapat pergi melalui berbagai database paten dan setelah pencarian bisa mendapatkan dokumen paten kebutuhan mereka . Ada database paten yang berbeda yaitu , USPTO , EPO , JPO , dll terbuka bebas untuk akses publik . Jika kita pergi melalui paten yang berhubungan dengan area teknologi tertentu, kita akan dapat menemukan banyak informasi tentang siklus hidup dari inovasi yaitu teknologi . ,

o jalur evolusi dari teknologi tertentu ,

o pengembangan teknologi ,

o diversifikasi teknologi ,

o teknologi gabungan ,

o pemain utama di bidang teknologi tertentu,

o poin kunci dari teknologi yang spesifik ,

" The World Intellectual Property Organisation ( WIPO ) mengungkapkan bahwa 90 % sampai 95 % dari semua penemuan di dunia dapat ditemukan dalam dokumen dipatenkan . "

Analisis paten dapat mengungkapkan informasi yang sangat berharga , yang tidak tersedia di tempat . Setelah pencarian paten bagian penting adalah analisis paten , dan satu harus sangat singkat tentang tujuan mereka penelitian. Informasi dalam dokumen paten dapat dimanfaatkan dalam bentuk yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan dipetakan sesuai untuk mendapatkan gambaran dari seluruh analisis dalam snapshot .

Data paten dapat digunakan untuk persiapan lanskap teknologi . Matematika logistik dan lingkaran matematika dapat sangat berguna dalam merencanakan lanskap teknologi . Hal ini dapat mengungkapkan tren evolusi teknologi , bagaimana berevolusi dari teknologi dasar , bersama dengan periode diversifikasi teknologi dan sifatnya . Peta ini juga akan memberikan gambaran rinci dari penggabungan teknologi yang berbeda untuk menimbulkan terobosan teknologi . Jenis peta akan sangat berguna bagi personil R & D untuk mengevaluasi posisi riset dan teknologi mereka , dan juga mereka akan menemukan jalan untuk lebih berinovasi teknologi yang lebih maju dan berharga .

Dalam konteks perusahaan global saat ini perlu tahu apa teknologi dapat pesaing tersedak mudah , dan mungkin mencoba untuk . Mereka juga perlu mengetahui ruang teknologi di mana persaingan sangat ketat , dan daerah-daerah di mana pesaing berkonsentrasi pengembangan IP mereka dan mereka R & D upaya . Mereka perlu untuk dapat melacak strategi akuisisi paten dan pengembangan dan memetakan lanskap kompetitif . Untuk mengevaluasi teknologi sebelum membuat keputusan investasi , perusahaan perlu mengetahui laju kegiatan paten di bidang teknologi , yang paten mewujudkan ide-ide dasar dalam teknologi dan seberapa rentan teknologi perusahaan adalah untuk paten pelanggaran . Ini akan memberi mereka informasi yang sangat dibutuhkan dalam memutuskan antara pengembangan teknologi dan akuisisi teknologi .

Kemampuan untuk mengekstrak informasi yang relevan dari literatur paten merupakan faktor keberhasilan penting bagi siapa pun yang terlibat dalam inovasi teknologi . Teknik pemetaan teknologi yang dapat digunakan untuk mengubah informasi paten menjadi pengetahuan yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan .

Paten merupakan sumber penting dari kecerdasan teknologi yang perusahaan dapat digunakan untuk mendapatkan keuntungan strategis . Teknologi Intelijen adalah dapat digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis , peramalan , dan mengelola teknologi informasi terkait eksternal , termasuk informasi paten . Pemetaan paten komputasi adalah metodologi untuk pengembangan dan penerapan pengetahuan teknologi untuk teknologi dan intelijen kompetitif . Kiriman utama pemetaan paten dalam bentuk visualisasi pengetahuan melalui lanskap dan peta. Peta ini menyediakan intelijen berharga pada evolusi teknologi / revolusi , sifat berbagai jenis perintis ; besar ; murni ; dan pemain yang muncul , state-of - the-art penilaian, dll

Jenis peta teknologi akan terbukti menjadi multiplier berharga dalam R & D dan kegiatan komersialisasi , dengan berbagai cara diantaranya sebagai berikut :

o Mengembangkan wawasan lebih lanjut dalam menanggapi kebutuhan strategis dan perumusan kebijakan dalam organisasi

o Peramalan dan mengidentifikasi kegiatan teknologi dan tren dalam industri

o Membantu dalam visualisasi pembangunan dan pertumbuhan alternatif jalur yang tersedia bagi organisasi

o Mengaktifkan pengakuan pre - emptive dan tindakan pada peluang lisensi potensial

o Mengidentifikasi calon mitra dan klien

o Mengidentifikasi diskontinuitas teknologi dan bidang peluang dalam teknologi yang mereka pilih

o Memantau dan mengevaluasi proses teknologi pesaing dan pesaing potensial

o Mendukung keputusan tentang perampokan dan investasi ke teknologi tertentu dan sub - teknologi

o Surveillance kemajuan teknologi pesaing serta untuk mengingatkan diri sendiri untuk pendatang baru ke lapangan

o Spotting ruang putih atau area kesempatan dalam domain teknologi padat

o alat kreatif untuk mensimulasikan ide-ide baru dan menciptakan IP baru

o Melengkapi strategi pengajuan IP perusahaan

o Mendukung proposal teknologi untuk proyek-proyek tingkat nasional dan internasional skala besar

o Mendukung investasi dan teknologi due diligence pada perusahaan

Pemetaan paten dapat menjadi bagian integral dari manajemen IP . Hal ini dapat mengungkap informasi berharga yang tersembunyi dalam paten dan dapat memberikan indikator yang berguna untuk tren teknis , tren pasar , perubahan pesaing dan profil teknologi dan potensi inovasi perusahaan . Peta paten adalah representasi visual informasi paten yang telah ditambang dan dikumpulkan atau berkerumun untuk menyorot fitur khusus . Ada tingkat fleksibilitas yang tinggi dalam visualisasi , yang mungkin dalam bentuk time-series atau peta sebagai spasial . Kami menyediakan pasar dan teknologi analisis yang lebih berorientasi set lengkap aset portofolio paten melalui layanan pemetaan paten kami . Pemetaan paten dapat digunakan untuk memastikan kualitas paten yang berkaitan dengan teknologi yang berlaku dan sejauh mana paten mempengaruhi teknologi . Ini adalah masukan berharga dalam teknologi sumber / pengembangan dan R & D keputusan . Pemetaan paten bisa sangat diperlukan untuk kedua perusahaan yang memiliki profil paten kurang dimanfaatkan dan mencari untuk lisensi / menetapkan pada istilah yang paling menguntungkan , serta perusahaan-perusahaan yang mencari untuk mengembangkan kekuatan portofolio paten dalam bidang teknologi tertentu .

Spesialisasi subjek Mere tidak cukup untuk ini , tetapi berpikir analitis dan inovasi sangat penting . Hari ini banyak sumber daya perangkat lunak yang tersedia untuk pemetaan data paten , tapi hampir semua terbatas pada informasi bibliografi . Pekerjaan mesin tidak dapat dibandingkan dengan kecerdasan manusia . Pemetaan paten memerlukan banyak keterampilan . Pertama dan terpenting di antaranya adalah kemampuan untuk memahami ide-ide ilmiah yang kompleks dilindungi oleh hak paten sendiri . Meskipun dimungkinkan untuk membuat peta paten dengan menganalisis hubungan antara paten tanpa memahami materi pelajaran , peta tersebut sering tidak berguna dan perlu disempurnakan oleh seseorang yang mengerti seluk-beluk disiplin ilmu tertentu yang merupakan dasar dari penemuan ini . Jadi, saya berharap bahwa kebutuhan untuk orang dengan ilmiah ( dan rekayasa ) keahlian dalam bidang pemetaan paten meningkat . Itulah mengapa saat ini banyak perusahaan KPO mencari individu yang tepat dan ada permintaan besar hari ini , yang pasti akan meningkat dalam waktu dekat .

No comments:

Post a Comment