Monday, May 5, 2014

Apakah Relevansi Teknologi?

" Teknologi dalam jangka panjang adalah tidak relevan " . Itulah yang pelanggan saya mengatakan kepada saya ketika saya membuat presentasi kepadanya tentang produk baru . Saya telah berbicara tentang fitur dan manfaat produk dan terdaftar " state-of - the-art teknologi " atau sesuatu seperti itu , sebagai salah satu dari mereka . Itu adalah ketika ia membuat pernyataannya . Aku menyadari kemudian bahwa ia benar , setidaknya dalam konteks bagaimana saya menggunakan " Teknologi " dalam presentasi saya . Tapi aku mulai berpikir tentang apakah ia mungkin benar dalam konteks lain juga.

Apa itu Teknologi ?

Merriam -Webster mendefinisikan sebagai :

1

a : aplikasi praktis dari pengetahuan khususnya di daerah tertentu : engineering 2 <medical technology>

b : kemampuan yang diberikan oleh aplikasi praktis dari pengetahuan <a car's fuel-saving technology>

2

: Cara untuk mencapai tugas terutama menggunakan proses teknis , metode , atau pengetahuan

3

: Aspek khusus dari bidang tertentu dari usaha <educational technology>

Wikipedia mendefinisikan sebagai :

Teknologi ( dari bahasa Yunani τÎχνη , techne , " seni , keterampilan , licik tangan " , dan - λογÎ ¯ α , - logia [ 1 ] ) adalah pembuatan , modifikasi , penggunaan , dan pengetahuan tentang alat-alat , mesin , teknik , kerajinan , sistem , dan metode organisasi , dalam rangka memecahkan masalah, meningkatkan solusi yang sudah ada sebelumnya untuk masalah, mencapai tujuan , menangani diterapkan input / output hubungan atau melakukan fungsi tertentu . Hal ini juga dapat merujuk kepada kumpulan alat tersebut , termasuk mesin , modifikasi , pengaturan dan prosedur . Teknologi secara signifikan mempengaruhi manusia serta kemampuan spesies hewan lain untuk mengontrol dan beradaptasi dengan lingkungan alami mereka . Istilah ini dapat diterapkan secara umum atau untuk daerah tertentu : contoh termasuk teknologi konstruksi , teknologi medis , dan teknologi informasi .

Kedua definisi berkisar pada hal yang sama - aplikasi dan penggunaan .

Teknologi adalah enabler

Banyak orang keliru percaya bahwa teknologi yang mendorong inovasi . Namun dari definisi di atas , yang jelas tidak terjadi . Ini adalah kesempatan yang mendefinisikan inovasi dan teknologi yang memungkinkan inovasi . Pikirkan klasik " ​​Membangun perangkap tikus yang lebih baik " contoh yang diajarkan di sebagian besar sekolah bisnis . Anda mungkin memiliki teknologi untuk membangun perangkap tikus yang lebih baik , tetapi jika Anda tidak memiliki tikus atau tikus tua bekerja dengan baik , tidak ada kesempatan dan kemudian teknologi untuk membangun yang lebih baik menjadi tidak relevan . Di sisi lain , jika Anda dibanjiri dengan tikus maka ada kesempatan untuk berinovasi produk menggunakan teknologi Anda .

Contoh lain , satu dengan yang saya akrab , adalah perusahaan startup elektronik konsumen . Saya telah berhubungan dengan kedua orang-orang yang berhasil dan yang gagal . Masing-masing memiliki teknologi unik terdepan . Perbedaannya adalah kesempatan . Mereka yang gagal tidak bisa menemukan kesempatan untuk mengembangkan inovasi yang berarti menggunakan teknologi mereka . Bahkan untuk bertahan hidup , perusahaan-perusahaan ini harus berubah seringkali menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda dan jika mereka beruntung mereka bisa mengambil keuntungan dari turunan teknologi asli mereka . Lebih sering daripada tidak , teknologi asli berakhir di tumpukan sampah . Teknologi , dengan demikian, merupakan enabler yang ultimate value proposition adalah untuk melakukan perbaikan dalam hidup kita . Agar relevan , perlu digunakan untuk membuat inovasi yang didorong oleh kesempatan .

Teknologi sebagai keunggulan kompetitif ?

Banyak perusahaan daftar teknologi sebagai salah satu keunggulan kompetitif mereka. Apakah ini sah ? Dalam beberapa kasus ya, tapi Dalam kebanyakan kasus no .

Teknologi berkembang sepanjang dua jalur - jalur evolusi dan jalan revolusioner .

Sebuah teknologi revolusioner adalah salah satu yang memungkinkan industri baru atau memungkinkan solusi untuk masalah yang sebelumnya tidak mungkin . Teknologi semikonduktor adalah contoh yang baik . Tidak hanya itu menelurkan industri baru dan produk , tetapi melahirkan teknologi lainnya revolusioner - teknologi transistor , teknologi sirkuit terpadu , teknologi mikroprosesor . Semua yang menyediakan banyak produk dan jasa yang kita konsumsi saat ini . Tapi apakah teknologi semikonduktor keunggulan kompetitif ? Melihat jumlah perusahaan semikonduktor yang ada saat ini ( dengan yang baru membentuk setiap hari ) , saya akan mengatakan tidak . Bagaimana teknologi mikroprosesor ? Sekali lagi , tidak ada . Banyak perusahaan mikroprosesor di luar sana . Bagaimana quad core teknologi mikroprosesor ? Tidak seperti banyak perusahaan , tetapi Anda memiliki Intel , AMD , ARM , dan sejumlah perusahaan membangun prosesor quad core kustom (Apple , Samsung , Qualcomm , dll) . Jadi sekali lagi , tidak banyak keunggulan kompetitif . Persaingan dari teknologi bersaing dan akses mudah ke IP meringankan keunggulan kompetitif yang dirasakan dari teknologi tertentu . Android vs iOS adalah contoh yang baik tentang bagaimana ini bekerja . Kedua sistem operasi adalah turunan dari UNIX . Apple menggunakan teknologi mereka untuk memperkenalkan iOS dan memperoleh keuntungan pasar awal . Namun, Google , memanfaatkan varian Unix mereka ( teknologi bersaing ) , terjebak relatif cepat . Alasan kebohongan ini tidak dalam teknologi yang mendasari , tapi bagaimana produk dimungkinkan oleh teknologi tersebut dibawa ke pasar ( bebas vs taman berdinding , dll) dan perbedaan dalam visi strategis masing-masing perusahaan .

Teknologi evolusi adalah salah satu yang secara bertahap dibangun berdasarkan teknologi revolusioner dasar . Tapi dengan itu sangat alam, perubahan inkremental lebih mudah bagi pesaing untuk mencocokkan atau melompati . Ambil contoh teknologi ponsel nirkabel . Perusahaan V memperkenalkan produk 4G sebelum Perusahaan A dan sementara itu mungkin memiliki keuntungan jangka pendek , sesegera Perusahaan A memperkenalkan produk 4G mereka , keuntungan karena teknologi menghilang . Konsumen kembali ke memilih Perusahaan A atau Perusahaan V didasarkan pada harga, layanan , cakupan , apa pun , tetapi tidak didasarkan pada teknologi . Dengan demikian teknologi mungkin relevan dalam jangka pendek , namun dalam jangka panjang , menjadi tidak relevan .

Dalam dunia sekarang ini , teknologi cenderung cepat menjadi commoditized , dan dalam setiap teknologi tertentu terletak benih kematian sendiri .

Teknologi Relevansi

Artikel ini ditulis dari calon pelanggan akhir . Dari sudut pandang pengembang / desainer hal-hal suram . Yang selanjutnya akan dihapus dari teknologi, kurang relevan itu menjadi . Untuk pengembang , teknologi dapat terlihat seperti sebuah produk . Sebuah memungkinkan produk, tetapi produk tetap , dan karenanya sangat relevan . Bose menggunakan teknologi pemrosesan sinyal eksklusif untuk memungkinkan produk yang memenuhi seperangkat persyaratan pasar dan dengan demikian teknologi dan apa yang memungkinkan adalah relevan untuk mereka . Pelanggan mereka lebih peduli dengan bagaimana kedengarannya , apa harga, apa kualitas , dll , dan tidak begitu banyak dengan cara ini dicapai , sehingga teknologi yang digunakan jauh lebih relevan untuk mereka .

Baru-baru ini , saya terlibat dalam sebuah diskusi di Google+ tentang X ponsel Motorola baru . Banyak orang-orang di posting tersebut membanting telepon karena berbagai alasan - harga , terkunci boot loader , dll Ada juga banyak mengetuk fakta bahwa ia tidak memiliki prosesor quad -core seperti S4 atau HTC One yang diberi harga sama . Apa yang mereka gagal untuk memahami adalah bahwa apakah produsen menggunakan 1 , 2 , 4 , atau 8 core pada akhirnya tidak membuat perbedaan selama ponsel dapat memberikan kompetitif ( atau bahkan terbaik dari kelas ) set fitur , fungsi , harga , dan pengalaman pengguna . IPhone adalah salah satu ponsel yang paling sukses yang pernah diproduksi , namun berjalan pada prosesor dual -core . Ini masih memberikan salah satu pengalaman pengguna yang terbaik di pasar . Fitur yang dimungkinkan oleh teknologi adalah apa yang relevan dengan konsumen , bukan teknologi itu sendiri .

Relevansi teknologi karena itu, adalah sebagai enabler , bukan sebagai fitur produk atau keunggulan kompetitif , atau berbagai hal lain - enabler . Melihat sistem operasi Android , itu adalah sepotong mengesankan teknologi perangkat lunak , namun Google memberikan begitu saja . Mengapa ? Karena mandiri , tidak apa-apa untuk Google . Memberikan begitu saja memungkinkan perusahaan lain untuk menggunakan keahlian mereka untuk membangun produk dan jasa yang kemudian bertindak sebagai enabler untuk produk dan layanan Google . Untuk Google , di situlah nilai riil .

Kepemilikan atau akses ke teknologi yang hanya penting untuk apa yang memungkinkan Anda untuk melakukan - membuat inovasi yang memecahkan masalah . Itu adalah relevansi nyata dari teknologi .

No comments:

Post a Comment